Juergen Klopp, Sosok yang Pantas Gantikan Joachim Loew di Timnas Jerman

Hasilbolajitu.com – Mantan kapten timnas Jerman, Lothar Matthaeus, menyebut Juergen Klopp adalah sosok yang pantas menggantikan Joachim Loew sebagai pelatih Der Panzer.

Timnas Jerman baru saja mengalami kekalahan memalukan dari timnas Spanyol dalam laga UEFA Nations League.

Memainkan laga terakhir fase grup UEFA Nations League di Estadio de La Cartuja, Selasa (17/11/2020) waktu setempat atau Rabu dini hari WIB, timnas Jerman dihajar 0-6 oleh timnas Spanyol.

Gol-gol dari Alvaro Morata, Ferran Torres, Rodri, dan Mikel Oyarzabal bersarang mulus ke gawang kiper andalan Bayern Muenchen, Manuel Neuer.

Hasil tersebut membuat Jerman harus menerima menjadi runner-up Liga A Grup 4 UEFA Nations League dan merelakan tiket semifinal ke tangan Spanyol.

Der Panzer memang dinilai telah mengalami penurunan kekuatan selepas gagal lolos di babak penyisihan grup Piala Dunia 2018. Tentunya semua mata tertuju pada juru taktik Jerman, Joachim Loew.

Joachim Loew telah menukangi Jerman selama 14 tahun dan prestasi terbaiknya adalah mengantarkan Der Panzer menjadi juara Piala Dunia 2014 di Brasil.

Baca juga : Mikel Arteta Merasa Arsenal Masih Jauh dari Kata Sempurna

Kursi pelatih Jerman masih tetap akan dipegang oleh Loew, di mana dirinya akan mendampingi Der Panzer tampil pada Piala Eropa 2020 yang diundur tahun depan.

Namun, banyak pihak meyakini perubahan di kursi pelatih Jerman tidak terhindarkan dalam beberapa tahun mendatang.

Menurut mantan kapten Jerman, Lothar Matthaeus, sosok yang tepat menggantikan pelatih berusia 60 tahun itu adalah peracik strategi Liverpool, Juergen Klopp.

Lothar Mattheus, yang sukses membawa Der Panzer juara Piala Dunia 1990, menyatakan Juergen Klopp berpeluang menjadi pelatih Jerman.

Baca juga : Brace Wijnaldum Antarkan Belanda Gasak Bosnia 3-1

Hal itu dikarenakan Klopp sosok yang populer di depan fans dan media. Pelatih berumur 53 tahun itu tergolong sukses besar bersama Liverpool sejak pindah ke Anfield pada 2015. Klopp mampu mempersembahkan gelar Liga Inggris pada musim 2019-2020 dan Liga Champions 2018-2019. Adapun kontrak Klopp dengan The Reds baru berakhir pada akhir musim 2023-2024.

“Ketika Anda berbicara soal kandidat yang mungkin, hanya ada satu nama yang diinginkan untuk masa depan, dan itu adalah Juergen Klopp,” kata Matthaeus, dikutip BolaSport.com dari Sky Sport.

“Klopp benar-benar sukses, memiliki kepribadian baik, dan populer di kalangan fans serta media.”

“Dia masih jauh dari kata selesai di Liverpool dan dia akan memiliki kesempatan untuk timnas Jerman pada beberapa tahun mendatang,” tutur Matthaeus melanjutkan.