Liverpool

Jurgen Klopp Bisa Bawa Liverpool kembali Dominasi

Jurgen Klopp Bisa Bawa Liverpool kembali Dominasi – Kedatangan Jurgen Klopp pelan tetapi pasti telah mengubah Liverpool. Lima tahun setelah kedatangannya, dia memberikan gelar juara Premier League yang sudah dinanti selama 30 tahun. Lantas, apakah Klopp mampu membawa Liverpool dominan untuk waktu yang lama?

Liverpool resmi menjuarai titel Premier League musim 2019-2020. Menyisakan tujuh laga, The Reds mengoleksi 86 poin di puncak klasemen Liga Inggris. Manchester City di peringkat kedua dengan 63 poin tak akan bisa mengejar meski menang di seluruh laga-laga sisa.

Liverpool memang tampil impresif di musim ini. Mereka hanya sekali kalah di Liga Inggris hingga pekan ke-31.

Liverpool kini kembali menjadi klub yang disegani. Sebelumnya, Mohamed Salah dkk. juga meraih gelar Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, dan Piala Super Eropa.

Sang manajer, Juergen Klopp menyebut gelar juara Premier League itu untuk sosol Steven Gerrard.

Jurgen Klopp dab gerrad

Puja-puji disematkan pada sang manajer, Juergen Klopp. Namun baginya, ada peran Steven Gerrard di dalam tim Liverpool.

“Steven Gerrard adalah fondasi tim ini,” katanya seperti dilansir Daily Star.

“Dia membawa klub ini belajar banyak hal, sehingga tak ada seorang pun yang pantas mendapatkan gelar juara ini selain dirinya,” lanjut pria asal Jerman itu.

baca juga : Maurizio Sarri Cuma Diam di Hadapan Pemain Juventus

Steven Gerrard menghabiskan waktu sekitar 17 tahun bermain untuk Liverpool. Gerrard mencatatkan 710 penampilan dengan 186 gol dan 114 assist.

Sebanyak 11 Trofi dipersembahkannya dengan trofi Liga Champions yang begitu prestisius. Gerrard kini melanjutkan petualangannya sebagai manajer Rangers, klub asal Skotlandia.

Bagi Juergen Klopp, Steven Gerrard adalah simbol Liverpool. Penampilannya di dalam dan luar lapangan, selalu menjadi cerita para pemain dari waktu ke waktu dan bak seperti teladan yang harus dicontoh.

“Steven Gerrard adalah simbol dari klub ini,” tutur sang mentor.

Steven Gerrard

Jurgen Klopp memang pribadi yang bersahaja, ia tetap merendah saat dirinya mempersembahkan sebuah kesuksesan besar bagi Liverpool.

Meski membawa Liverpool meraih hasil fantastis, Neven Subotic menganggap Jurgen Klopp ini sudah saatnya naik level. Subotic menyebut Klopp kini semestinya mendapatkan kesempatan membesut Timnas Jerman.

“Jurgen Klopp di tahapan ini tentu saja harusnya jadi pelatih tim nasional. Lalu, menjuarai Piala Dunia bersama Jerman. Sejauh menyangkut kesuksesan, pasti tidak akan ada yang tersisa, bahkan untuk Jurgen Klopp,” kata Subotic dilansir dari Team Talk.

Neven Subotic sendiri pernah merasakan dilatih oleh Jurgen Klopp ketika masih berseragam Borussia Dortmund. Setelah itu, keduanya pun hengkang, Klopp pergi ke Liverpool pada tahun 2015 lalu sedangkan Subotic tiga tahun kemudian pergi dan bergabung ke Saint-Etienne.

Mantan pemain Borussia Dortmund ini memberikan analisisnya mengenai performa mantan pelatihnya tersebut bisa sukses membawa Liverpool meraih puncak kejayaan sejak dirinya bergabung pada tahun 2015 silam.

“Di tangan Klopp, Liverpool mengundang banyak pemain baru untuk merasakan semangat dalam sepak bola. Ini juga sudah merupakan prestasi untuk Klopp. Ia memiliki banyak rencana dari semua harapan yang disusunnya selama menjadi pelatih Liverpool,” tambahnya.

baca juga  : Ronaldo Tak Dapat Penalti Final Coppa Italia

Tapi, saran Subotic diabaikan oleh sang mentor. Jurgen Klopp masih kerasan menukangi Liverpool. Banyak pundit memprediksi ia bakal mengulang kisah sukses Sir Alex Ferguson dengan Manchester Unitednya.

Mantan bintang Manchester United, Wayne Rooney, menyebut dengan seabrek talenta yang dimiliki, Liverpool ia yakini bakal mendominasi Premier League minimal lima musim ke depan.