Liverpool vs Leeds United

Pelajaran dari Laga Liverpool vs Leeds United

Berstatus jawara bertahan, Liverpool sudah harus dibuat kelabakan dalam laga pekan pertama Premier League 2020/21 melawan tim promosi, Leeds United, Sabtu (12/9/2020).

Kejar-mengejar gol terjadi pada laga ini. Mohamed Salah menjadi bintang kemenangan Liverpool dengan mencetak hat-trick alias tiga gol, sedangkan satu gol lainnya diciptakan oleh Virgil van Dijk.

Sementara itu, Leeds menunjukkan perlawanan ketat dengan tiga kali menyamakan skor, masing-masing lewat aksi Jack Harrison, Patrick Bamford, dan Mateusz Klich.

Bola.net merangkum beberapa pelajaran yang bisa dipetik dari laga Liverpool versus Leeds United ini.

The Winning Team Sudah Tidak Superior Lagi

Liverpool

Menghadapi Leeds, Jurgen Klopp menurunkan skuad terbaik sama seperti skuad yang membawa timnya menjadi jawara Premier League musim lalu.

Apabila ada perubahan pun itu hanya terjadi di lini belakang dan tengah serta masalah preferensi Klopp saja. Selebihnya, tak ada perubahan sama sekali di skuad The Reds.

baca juga : Rekrutan Terbaik MU dari Liga Portugal

Pepatah pertahankan the winning team bisa jadi masih berlaku, tetapi jika kita melihat Liverpool, maka skuad terbaik mereka kini bisa dibilang sudah tak superior seperti musim lalu dan musim sebelumnya.

Pertahanan Bobrok

Sekali lagi, pertahanan Liverpool tampil di bawah standar. Virgil van Dijk bahkan melakukan blunder yang berujung terjadinya gol kedua Leeds.

Dalam laga ini, bukan hanya Van Dijk saja yang tidak dalam puncak performanya. Bek kanan Trent Alexander-Arnold pun beberapa kali kerepotan menghadapi akselerasi Jack Harrison di sisi kiri.

Leeds United
LIVERPOOL, ENGLAND – SEPTEMBER 12: Mateusz Klich of Leeds United celebrates with teammates after scoring his team’s third goal during the Premier League match between Liverpool and Leeds United at Anfield on September 12, 2020 in Liverpool, England. (Photo by Paul Ellis – Pool/Getty Images)

Jika diperhatikan, buruknya permainan lini belakang Liverpool ini sudah terjadi semenjak sesaat sebelum kompetisi dihentikan akibat lockdown.

baca juga : Kapan Samuel Umtiti Bisa Bermain Lagi

Sadio Mane dan Roberto Firmino Tidak Berkembang

Terlepas dari moncernya performa Mohamed Salah, Klopp jelas dibuat pusing dengan penampilan dua andalan di lini depan lainnya, yakni Sadio Mane dan Roberto Firmino.

Mane dan Firmino berulang kali kesulitan membongkar pertahanan Leeds. Tak hanya itu, keduanya juga beberapa kali tak mampu menuntaskan peluang matang yang didapat.

Butuh Pemain Baru

Secara keseluruhan, jelas terlihat bahwa masalah yang dialami Liverpool adalah kurangnya kreativitas seperti yang sudah mereka tunjukkan dua musim terakhir.

Solusi paling memungkinkan yang bisa diambil Klopp tentu adalah dengan menggaet pemain baru, terutama di sektor tengah dan belakang.

Daya Kejut Leeds

Sudah banyak pihak yang meramalkan bahwa Leeds asuhan Marcelo Bielsa akan menjadi tim yang berpotensi besar menghadirkan kejutan pada musim ini.