Persipura Ditunggu Sepak Terjangnya

Persipura Ditunggu Sepak Terjangnya

Setelah tertunda akibat pandemi virus Corona, kompetisi Shopee Liga 1 2020 bakal kembali dilanjutkan. Salah satu tim yang ditunggu sepak terjangnya adalah Mutiara Hitam, Persipura Jayapura.

Persipura kembali menjadi tim yang menakutkan. Setelah kehabisan bensin, tim berjulukan Mutiara Hitam ini berhasil meramaikan persaingan menuju tangga juara pada musim lalu.

Persipura mengakhiri Liga 1 2019 di peringkat kedua, setelah lama terseok-seok di papan tengah. Kedatangan Jacksen F Tiago menjadi kunci kemonceran Mutiara Hitam.

Jacksen memang merupakan figur yang tepat untuk Persipura Jayapura. Pelatih asal Brasil itu meraih tiga gelar Liga Indonesia bersama Mutiara Hitam pada 2008/2009, 2010/2011, dan 2012/2013.

Shopee Liga 1

Kembali ke Persipura Jayapura pada putaran kedua Liga 1 2019 setelah dua musim memoles Barito Putera, Mutiara Hitam langsung dibawanya melesat ke papan atas.

baca juga : Kekuatan Terbesar Ronaldo di Mata Maurizio Sarri

Seperti musim lalu, skuad Mutiara Hitam tidak terlalu mewah. Persipura Jayapura masih mengandalkan banyak putra daerah plus pemain asing kelas dua di kancah sepak bola Indonesia.

Nama-nama seperti Boaz Solossa, Ian Kabes, Ricardo Salampessy, dan Dede Sulaiman masih mengisi pos pemain lokal Persipura Jayapura. Sedangkan Arthur Cunha, Takuya Matsunaga, Thiago Amaral, dan Sylvano Comvalius, menghuni slot legiun asing Mutiara Hitam.

Persipura Jayapura telah memulai persiapan untuk menyambut kelanjutan Shopee Liga 1 pada 21 Agustus 2020 dengan menggelar pemusatan latihan di Batu, Malang. Latihan tersebut tidak dihadiri oleh Cunha dan Comvalius.

Belakangan, Comvalius memilih untuk mengundurkan diri dari Persipura Jayapura. Alhasil, Mutiara Hitam akan melanjutkan kompetisi dengan penyerang lokal.

kandang persipura di malang

“Anda mungkin baru tahu sekarang soal Comvalius. Tapi saya sudah tahu sebulan sebelumnya. Karena kami terus berdiskusi dengan Comvalius soal keputusan yang akan ditempuhnya. Sejak itu, saya mengasah otak bagaimana merancang skema main Persipura tanpa Comvalius nanti,” tutur Jacksen.

baca juga : Sisa Jadwal Juventus Musim Ini

“Sisa musim nanti kami hanya kehilangan Comvalius. Padahal saat lawan Persebaya, kondisi kami lebih parah. Ada lima pemain absen, seperti Comvalius, Arthur Cunha, Ian Kabes, Boaz Solossa, dan Ricardo Salampessy. Jadi dalam waktu dekat, saya belum berpikir cari pengganti Comvalius,” ujar Jakcsen.

Untuk melanjutkan Shopee Liga 1, Persipura Jayapura akan bermarkas di Malang. Tidak perlu meragukan semangat anak-anak Mutiara Hitam saat bermain jauh dari Papua. Buktinya pada musim lalu, Persipura Jayapura mampu menjadi runner up Shopee Liga 1 sebagai tim musafir dengan berkandang di Tenggarong maupun di Sidoarjo.