Piala AFF 2020

Piala AFF 2020 Diundur Hingga 2021

Kepastian mengenai penyelenggaraan Piala AFF 2020 kini terjawab sudah. Turnamen antar negara ASEAN itu resmi diundur ke tahun 2021. Jaswal pertandingan resmi di hentikan karena penyebaran virus corona yang semakin meningkat di hampir seluruh negara ASEAN.

Piala AFF merupakan sebuah turnamen dua tahunan antar negara Asia Tenggara. Setelah sukses digelar di tahun 2018 silam, rencananya Piala AFF akan kembali digelar di tahun 2020 ini. Namun karena ada  penyebaran virus corona yang sedang merajalela makanya jadwal resmi di undur.

Menurut rencana awal, turnamen ini akan digelar pada tanggal 23 Desember 2020 – 31 Desember 2020. Penjadwalannya ini diatur agar tidak bentrok dengan penyisihan kualifikasi Piala Dunia 2022 dan juga kualifikasi Piala Asia 2023.

Beberapa saat yang lalu, pihak AFF mengonfirmasi bahwa turnamen tahun ini resmi ditunda. “Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) mengumumkan bahwa AFF Suzuki Cup 2020 akan ditunda hingga tahun 2021,” bunyi pernyataan resmi AFF.

baca juga : 3 Pemain yang Dibutuhkan Arsenal

Jadwal di Hentikan Karena Faktor Virus Corona

Virus Corona

Menurut rilis resmi tersebut, pertimbangan utama mengapa turnamen ini diundur karena sebagian besar wilayah ASEAN yang masih banyak terjangkit pandemi virus corona, sehingga dinilai tidak aman untuk menggelar turnamen. Karena bisa mengakibatkan penyebaran virus corona semakin mingkat

“Keputusan ini dibuat setelah melihat penyebaran virus corona yang terus meningkat baik di sector regional maupun secara sektor global.”

“Bagi AFF, kesehatan dan keselamatan pemain, pelatih, parter, fans dan juga masyarakat adalah prioritas tertinggi bagi kami.”

Pertandingan di Tunda Hingga Tahun 2021

Tunda Hingga Tahun 2021

AFF mengonfirmasi bahwa turnamen ini hanya akan ditunda selama satu tahun, namun mereka belum mengonfirmasi kapan pastinya turnamen ini akan digelar kembali.

baca juga : Kedatangan Timo Werner Ancam 3 Pemain Chelsea

“Keputusan kami untuk menunda turnamen ini ke tahun 2021 sebagai langkah pengamanan untuk semua orang yang terlibat di AFF Suzuki Cup 2020.”

“Satuan tugas AFF Suzuki Cup sudah mengadakan pembicaraan yang matang sebelum mengambil keputusan ini.” ujarnya.

Jadwal Pertandingan akan Semakin Padat

Dengan penundaan ini, jadwal Tim Nasional di tahun 2021 bakal semakin padat. Selain Piala AFF, ada juga Piala Dunia U-20 yang bakal diselenggarakan di Indonesia.