Saran Sir Alex Ferguson Kepada Wayne Rooney

Saran Sir Alex Ferguson Kepada Wayne Rooney

Saran Sir Alex Ferguson Kepada Wayne Rooney – Wayne Rooney saat ini sudah berusia 34. Di masa keemasannya, dia adalah seorang finisher yang mematikan. Rekor gol untuk klub Manchester United (MU) dan Tim Nasional Inggris adalah buktinya.

Itu tak lepas dari sebuah petuah yang diberikan oleh Sir Alex Ferguson kepadanya. Petuah itu didapatkan Rooney di MU, yang dia perkuat selama periode 2004-2017.

Sir Alex Ferguson dan rooney

Lewat kolomnya di The Sunday Times, Rooney mengakui kalau dia tak pernah merasa dirinya merupakan seorang pencetak gol alami sepanjang kariernya.

Ferguson lah yang memberitahunya untuk bermain lebih efektif, dan itu membuatnya jadi seorang finisher yang lebih mematikan.

Baca Juga : Dortmund Mau Greenwood Jadi Pengganti Sancho

Ferguson Memberikan Nasihat Terbaik

“Anda belajar hal-hal kecil dari waktu ke waktu,” kata Rooney, seperti dikutip Mirror.

“Nasihat terbaik yang pernah saya dapatkan adalah dari Fergie. Dia bilang ‘kamu bekerja terlalu keras’, dan awalnya saya berpikir, ‘Apa maksud Anda? Bukankah ini yang Anda inginkan?'”

“Namun, saya dahulu memang selalu berusaha berlari sekuat mungkin selama 90 menit, dan pasti kelelahan di 10 menit terakhir.”

“Manajer ingin para strikernya menghemat sedikit energi, karena peluang untuk mencetak gol penentu kemenangan kadang tidak datang hingga menit ke-90.”

Wayne Rooney Terus Berlatih di Akhir Sesi Latihan

“Saya dahulu jadi terbiasa latihan finishing saat sudah lelah,” lanjut Rooney, yang sekarang memperkuat Derby County.

“Di akhir sesi latihan, saya biasanya mengajak seorarang kiper dan Eric Steele, yang merupakan pelatih kiper, lalu melakukan lima atau enam set: sedikit sprint lalu menembak.”

Baca Juga : Erling Haaland Gagal Hijrah ke Madrid

“Setelah mengulang lima atau enam kali di setiap set, Anda sudah kehabisan napas. Jika Anda belajar melakukan penyelesaian akhir dalam kondisi lelah seperti itu, maka semua akan jadi jauh lebih mudah ketika Anda mendapatkan peluang dalam kondisi normal,” pungkas Rooney.

Rooney sejauh ini masih memegang rekor gol di MU dan Inggris.

Rooney mencetak 253 gol dalam 559 penampilan untuk MU selama periode 2004-2017. Dia juga mencetak 53 gol dalam 120 penampilan untuk Three Lions antara 2003 dan 2018.

Prestasi itu tak lepas dari petuah Sir Alex Ferguson di MU dahulu, yang telah membuatnya jadi seorang finisher mematikan.