Seputar Duel Newcastle vs Liverpool

Sang juara Liverpool akan menghadapi peringkat 13 Newcastle di pekan terakhir Premier League 2019/20, Minggu (26/7/2020). Mari simak beberapa fakta seputar duel di St James’ Park ini.

Newcastle saat ini memiliki 44 poin. Sementara itu, Liverpool telah mengumpulkan 96 poin. Ada setidaknya lima fakta penting yang melatarbelakangi pertandingan ini.

Form Negatif Newcastle

Newcastle melalui lima laga terakhirnya di Premier League tanpa meraih satu pun kemenangan. Mereka dua kali imbang dan tiga kali kalah.

Newcastle bermain imbang 2-2 menjamu West Ham. Setelah itu, Newcastle berturut-turut kalah 0-5 melawan tuan rumah Manchester City, 1-2 melawan tuan rumah Watford, dan 1-3 menjamu Tottenham. Terkini, Newcastle cuma imbang 0-0 di kandang Brighton.

Tren Positif Newcastle

Newcastle

Namun, Newcastle punya satu tren positif. Selama lima musim terakhir, Newcastle tercatat selalu menang di pekan pemungkas. Newcastle memenangi lima laga pemungkas dari lima musim terakhir itu dengan agregat skor 17-1.

baca  juga : Simeone Hanya Bisa Tertegun Melihat Griezmann

Kali terakhir Newcastle kalah di pekan pemungkas adalah pada musim 2013/14. Waktu itu, lawannya adalah Liverpool. Mereka kalah 1-2.

Buruknya Produktivitas Gol Newcastle

Hingga pekan ke-37, Newcastle baru mencetak 37 gol di Premier League 2019/20. Hanya Watford (34 gol), Crystal Palace (30 gol), dan Norwich City (26 gol) yang produktivitas golnya lebih buruk daripada mereka.

Top skor sementara Newcastle di Premier League musim ini adalah Jonjo Shelvey, dan itu pun cuma dengan torehan enam gol. Ini bisa menjadi pencapaian terburuk Newcastle sejak 2000/01, ketika Carl Cort dan Nolberto Solano juga mencetak masing-masing enam gol sepanjang musim.

Ancaman Mohamed Salah

Ingin Menjual Mohamed Salah

Ada satu pemain Liverpool yang patut diwaspadai oleh Newcastle. Pemain itu adalah Mohamed Salah.

Salah punya catatan bagus melawan Newcastle. Dia berkontribusi terhadap terciptanya lima gol dalam empat penampilan terakhirnya melawan Newcastle di Premier League.

Kontribusinya itu berupa empat gol dan satu assist. Dia adalah ancaman bagi Newcastle di laga nanti.

baca juga : Manchester City Sepakat Lepas Sane ke Munchen

99 Poin

Jika menang, maka Liverpool akan finis dengan torehan 99 poin. Pencapaian ini cukup istimewa.

Liverpool bisa menjadi tim kedua yang mampu mengoleksi 99 poin dalam satu musim kompetisi Premier League. Sebelum ini, tim pertama yang mampu melakukannya adalah Manchester City, ketika jadi juara musim 2017/18 dengan 100 poin.