Suarez Lampaui Ronaldo dan Tertinggal 8 Gol dari Messi

Hasilbolajitu.com – Penyerang timnas Uruguay, Luis Suarez, melampaui catatan Ronaldo dan tertinggal 8 gol dari Lionel Messi saat La Celeste mengamuk di markas timnas Kolombia.

Timnas Uruguay melawat ke markas timnas Kolombia dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol, Jumat (13/11/2020) atau Sabtu pukul 03.30 WIB.

Bermain di Estadio Metropolitano Roberto Melendez, timnas Kolombia dan timnas Uruguay sama-sama berambisi meraih kemenangan demi memuluskan langkah mereka untuk lolos ke Qatar 2022. Untuk mewujudkan ambisi tersebut, kedua tim langsung tampil menekan sejak menit awal. timnas Kolombia sebenarnya tampil lebih mendominasi.

Tim berjulukan Tricolor ini memimpin dalam penguasaan bola dengan 62 persen. Dari segi peluang, skuad Carlos Queiroz memiliki 11 tembakan yang 2 di antaranya mengarah tepat sasaran. Adapun timnas Uruguay mempunyai 6 kesempatan dengan 4 menuju ke gawang.

Timnas Kolombia dikejutkan dengan gol cepat timnas Uruguay pada menit ke-5.  Memanfaatkan kesalahan pemain belakang, Nahitan Nandez mampu menguasi bola dan memberi umpan pada Edinson Cavani.

Cavani merangsek ke dalam kotak penalti dan melesakkan tembakan kaki kanan yang tak mampu dijangkau kiper David Ospina. Timnas Uruguay unggul 1-0.

Baca juga : Dicoret dari Timnas Argentina Paulo Dybala Alami Masa Sulit

Penyerang timnas Uruguay, Edinson Cavani, mencetak gol ke gawang timnas Kolombia dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol, Jumat (13/11/2020) atau Sabtu pukul 03.30 WIB.

Pada menit ke-24, Cavani bisa mencetak brace sekaligus menggandakan keunggulan timnas Uruguay kalau saja sepakan kaki kanannya dari dalam kotak penalti tak diblok oleh Ospina.

Tiga menit setelahnya, giliran timnas Kolombia yang mendapatkan peluang berbahaya. Mateus Uribe melepaskan umpan silang yang dimaksudkan untuk Duvan Zapata yang sudah berada di dalam kotak penalti. Akan tetapi, operan Uribe sukses dipotong Jose Gimenez sehingga hanya berbuah sepak pojok untuk tim tuan rumah.

Menjelang babak pertama berakhir, tidak ada peluang berarti yang mampu diciptakan kedua tim. Keunggulan 1-0 untuk timnas Uruguay bertahan hingga turun minum.

Usai jeda, tim tuan rumah langsung melancarkan serangan demi mengejar ketertinggalan. Pada menit ke-48, Zapata membahayakan gawang timnas Uruguay dengan sundulannya di dalam kotak penalti. Namun, usaha pemain Atalanta itu mampu digagalkan kiper Martin Campana.

Pasukan Oscar Tabarez mendapatkan peluang untuk menambah gol usai wasit Fernando Rapallini memberi hadiah penalti. Penalti diberikan kepada timnas Uruguay karena Luis Suarez dilanggar Jeison Murillo di dalam kotak terlarang.

Suarez, yang ditunjuk sebagai eksekutor penalti, sukses membobol gawang Ospina dan membuat La Celeste unggul 2-0 pada menit ke-54.

Berkat satu gol tersebut, pemain Atletico Madrid ini kini telah mengoleksi 63 gol untuk timnas Uruguay. Suarez melewati catatan gol pemain legendaris timnas Brasil, Ronaldo Nazario, yang mengemas 62 gol.

Baca juga : Hasil Uji Coba Portugal Menang 7-0

Dia kini tertinggal 8 angka dari mantan rekan setimnya, Lionel Messi, yang merupakan pencetak gol terbanyak kedua Amerika Selatan. Sementara itu, Suarez masih harus mengejar 14 gol agar bisa sejajar dengan top scorer sepanjang masa Amerika Selatan, Pele.

Pada menit ke-73, Darwin Nunez sukses menambah keunggulan timnas Uruguay menjadi 3-0.  Pemain yang baru dimasukkan pada babak kedua ini melepaskan sepakan kaki kanan dari luar kotak penalti yang mampu merobek gawang timnas Kolombia. Tidak ada tambahan gol dari kedua tim hingga babak kedua berakhir.

Timnas Uruguay sukses menaklukkan timnas Kolombia dengan tiga gol tanpa balas.  Hasil ini membuat skuad Oscar Tabarez menempati posisi keempat klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol dengan koleksi enam poin.

Adapun timnas Kolombia bercokol di peringkat keenam dengan raihan empat poin.

Susunan pemain timnas Kolombia dan timnas Uruguay:

Kolombia (4-3-3): 1-David Ospina; 11-Juan Cuadrado, 13- Yerry Mina, 3-Jeison Murillo, 17-Johan Mojica; 8-Mateus Uribe (21-Edwin Cardona 65′), 5-Wilmar Barrios (14-Luis Diaz 31′), 16- Jefferson Lerma; 10-James Rodriguez, 7-Duvan Zapata, 19-Luis Muriel (20-Alfredo Morelos 60′).

Pelatih: Carlos Queiroz

Uruguay (4-3-1-2): 12-Martin Campana;22- Martin Caceres, 2-Jose Gimenez, 3-Diego Godin, 17-Matias Vina; 14-Lucas Torreira, 8- Nahitan Nandez, 6-Rodrigo Bentancur (18-Gabriel Neves 90+3′);7- Nicolas de la Cruz (11-Darwin Nunez 46′);9- Luis Suarez (20-Jonathan Rodriguez 69′), 21-Edinson Cavani (5-Mauro Arambarri 77′)